Tuesday, June 3, 2008

Bitterbalen


Cemilan kesukaan nak-kanak, termasuk maknya, yang dah sering aku bikin. Bahkan saking seringnya si bibi (dulu) dah gak pake resep, tinggal cemplang cemplung.

Klo pake susu bubuk jangan kebanyakan susunya karena bukannya enak malah eneg.....iya pengalaman pribadi he...he..he. Supaya gak kelamaan ngebuletinnya, bentuk adonan menjadi bulat panjang dan potong-potong pake sendok. Berikutnya tinggal dirapiin. Bisa disambi dengan nonton tipi khan?!Karena bentuknya yang mut-imut, memanirnya cukup dikopyok (eyd?) di dalam plastik berisi tepung panir trus masukkan ke telur dan kopyok lagi. Khalaz deh:)


Bahan:
0,5 bh bawang bombay ukuran sedang, potong kecil-kecil
3 sdm margarin
150 gr daging ayam, potong kecil-kecil
100 gr jamur merang, atau 1 kaleng ukuran kecil jamur, potong kecil-kecil
1 batang wortel ukuran sedang
100 gr tepung terigu
250 ml susu cair
1,5 sdm gula pasir
1 sdt garam
merica secukupnya
penyedap rasa (royco/masako)

Paniran:
Putih telur atau telur antero juga gpp
Tepung panir

Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay dengan margarin, setelah harum masukkan daging ayam, aduk sampai berubah warna. Tambahkan garam, gula, merica dan penyedap
2. Masukkan wortel aduk sampai wortel dan matang. Setelah matang tambahkan jamur. Aduk rata.
3. Tambahkan tepung ke dalam campuran di atas, setelah rata tambahkan susu. Aduk sampai tepung matang dan cicipi sampai bumbu pas. Dinginkan
4. Bentuk bulat-bulat5. Masukkan bulatan ke tepung panir kemudian ke telur dan panir kembali dengan tepung panir.6. Goreng sampe kekuningan jangan kegosongan :)

No comments: