Tuesday, June 3, 2008

Banana and cheese cake


Suka banget ama cake ini paduan pisang ama keju emang klop. Pisangnya disusun seperti menyusun nanas di pineapple up-side down cake. Jadi pisang keju didalam dan pisang keju diluar....hmm. Nyontek resepnya dari seri masak femina Primarasa "Cake istimewa...semua yummy" yang dah agak lecek karena dari beberapa buku resep, ini yang paling sering dipraktekkan dibanding lainnya yang kadang cuman diliatin gambarnya aja...hi..hi.

Bahan
Cake:
150 g tepung terigu
1 sdt baking powder
50 g keju cheddar, parut
10 buah pisang raja
7 potong keju lembaran
10 kuning telur
2 putih telur
1 sdt vanili bubuk
100 g gula kastor
100 g mentega, lelehkan

Olesan dan taburan:
25 g mentega/margarin, untuk olesan
50 g keju parut, untuk taburan

Cara membuat:

1. Alasi dasar loyang persegi ukuran 22 x 22 x 5 cm dengan kertas roti, olesi permukaannya dengan margarin. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius.

2. Cake: ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan keju parut, aduk rata dan sisihkan. Kupas pisang, ambil 4 buah pisang, haluskan dengan garpu atau sendok, sisihkan. Ambil satu pisang, belah dua memanjang, lalu potong melintang menjadi 2-3 bagian (tergantung panjang pisang). Atur potongan pisang di dasar loyang hingga menutupi seluruh dasar loyang, beri jarak 1 cm dari tepi. Tutup atasnya dengan keju lembaran, sisihkan.

3. Taruh kuning telur, putih telur dan vanili dalam wadah, kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga berbusa. Sambil tetap dikocok masukkan gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga kental dan mengembang, angkat mikser. Masukkan campuran tepung terigu dalam 2-3 tahapan, aduk rata. Sambil tetap diaduk, masukkan pisang lumat lalu tambahkan mantega leleh pada pinggir mangkuk, aduk rata.

4. Perlahan-lahan tuang adonan ke dalam loyang, agar susunan pisang tidak bergeser. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (kurleb 60 menit).Keluarkan kue dari oven, biarkan sebentar supaya agak dingin.

5. Balikkan loyang di talenan, sehingga pisang dan keju ada di atas. Lepaskan kertas roti. Iris pinggiran kue agar rapi dan keju yang mengeras terbuang. Olesi permukaan pisang dengan mentega/margarin, taburi atasnya dengan keju parut. Potong-potong.

No comments: