Thursday, September 25, 2008

KBB#7 Ultah KBB Warna Warni - Brownies Cookies

Photobucket

Gak terasa ternyata KBB sudah berulang tahun yang pertama. Walaupun baru satu tahun, KBB telah banyak memberi manfaat buat membernya. Aku yang dulu suka jiper duluan sebelum mencoba resep, karena KBB-Klub BERANI Baking, mau gak mau harus mencoba. Apalagi mbak Arfi, yang mendirikan KBB, suka ngelus-ngelus jenggot *baca: tegas dan berwibawa* klo ada member yang "nakal". Selamat Ulang Tahun KBB, maju terus untuk menjadi wadah yang menyenangkan bagi pecinta baking!
Nah untuk ultah 1 KBB atau KBB#7, temanya adalah warna-warni, member dibebaskan memilih apa yang akan dibuat untuk entry KBB#7. Dan karena sedang ulang tahun, makanya tantangan kali ini dilombakan. Sebenarnya ada 3 lomba: masak, baking dan food photography. Cuman karena takut gak sempet ngerjain, aku cuman berpartisipasi di lomba baking.
Sekalian untuk lebaran, aku pilih untuk bikin kue kering. Awalnya baca brownies cookies di MP mbak Erna yang katanya enaak, jadi pengen untuk bikin juga. Secara beberapa resepnya mbak Erna yang udah aku coba kebanyakan cocok ama lidahku. Makasih mbak Erna:)
Sumber asli kuker ini adalah Teh Uci yang mengotak-atik resep dari majalah. Bener Teh,
apa pun namanya yang penting sedep:) Kokoh tapi begitu digigit ngeprul, dah gitu coklat dan kacangnya berasa banget. Makasih untuk sharing resepnya ya Teh!
Untuk pembuatannya, menteganya (dari kulkas) aku kocok sebentar banget asal nyampur, setelah dimasukin bahan lainnya dibuletin dan di teken ama punggung sendok atau garpu. Panggang deh...

Brownies Cookies
Sumber: blog Ibutio

Bahan:
50 gr gula pasir
50 gr gula palm, vi: pake 50 gr dark brown soft sugar
100 gr mentega
100 gr margarine, vi: pake 100 gr mentega
75 gr mede, cincang kasar, panggang
75 gr almond keping, cincang
150 gr coklat chip
ayak:
25 gr maizena
25 gr coklat bubuk
200 gr tepung terigu

Photobucket

Cara membuat:
1. Kocok mentega margarine dan gula hingga lembut.
2. Masukkan campuran tepung, coklat chip dan campuran kacang, aduk hingga rata.
3. Cetak bulat dengan bantuan 2 sendok teh sebesar kelereng.
4. Panggang dalam oven suhu 160 derajatC, selama kurang lebih 20 menit hingga matang dan kering

Photobucket

Salam paling manis untuk semua KBB-ers dan juga anda ^_^

12 comments:

Ema said...

duuhh ngiler...buat kukis lebaran..euy...:)

cakeppp photonya..vi..., gud luck ya bu...!!

MiNDY said...

duh pengen ngeliat kukisnya. tempat kukis yg putih pake bulet² biru lutuw deh

Andrie Anne said...

Iya, lucu deh 'ember' kukisnya...fotonya juga cantik..:-)

rachmah setyawati said...

kayak ya crunchy nih kukis... sukses deh !!

Bunda Nadine said...

mau dikirimin setoplesss .. :), cakep banget vi :)

Arfi Binsted said...

kliatannya enyuaaaaaaaaaak! *nyomot atu ahhh mumpung lagi absen puasa* hihihi

shashakoe said...

huaaa lucu banget tempat kukisnya polkadotttttttt huaaa

A.G said...

asyik nih buat lebaran :D

Vivi said...

@mba Ema: yuuk...klo bikin cake takut gak kemakan khan puasa klo kukis kan sekalian buat lebaran:)

@mindy: murah meriah..klo bisa sih dilemparin ke Caracas, cuman jauh bo'

@mba Anne: makasih..abis yang diliatin kayak fotonya mba Anne jeh

@mba Rachmah: sesukses kukis daun emasnya mbak Rachmah:)

@bundane Nadine: Klo ngirim bingung kemana. Kan lagi pindahan *ngeles*. Suwun yo jeng:)

@mbak Arfi: silaken nyomot mba, tapi makannya ngumpet-ngumpet ya?!

@shashakoe: masih lucu cake raksasa di trolly. Sumprit..:))

@mb Ayin: sengaja.. biar gak 2 kali kerja:)

Rita said...

Wah boleh di coba nih brownies cookiesnya... salam kenal yah

Vivi said...

rita: salam kenal juga. Mirip chocolate chip cookies, cuman beda nama aja kali:) Kriuknya kacang ketemu ama coklat chip..

rita bellnad said...

top wes, apik tenan fotomu rek