Wednesday, March 28, 2012

Lapis Legit

Sekali bikin lapis legit, jadi ketagihan untuk bikin lagi dan lagi. Klo nggak inget kolesterol dan teman-temannya yang tidak bersahabat dengan tubuh, menyenangkan sekali untuk bikin dan menikmati lapgit ini. Si adek klo makan lapgit ini bisa abis berpotong-potong, udah gitu kadang masih sambil diolesin keju oles. Duh... ga boleh sering-sering bikin nih:)
Sebelumnya di sini dengan resep Ny. Liem, agak kurang puas karena kurang moist dikit jadi mencoba resep Yasaboga. Dan untuk kali ini puaaas.... memang resep Yasaboga sangat bisa diandalkan.

Lapis Legit
Sumber: Kue-Kue Indonesia Yasaboga

300 gr mentega
200 gr margarin
3 sdm susu kental manis
350 gr gula halus
30 kuning telur
½ sdt vanili

Ayak:
1 sdm bumbu spekuk (vivi: ga pake)
100 gr tepung terigu

Cara:
Kocok mentega dan margarin sampai lembut dan warna lebih muda, campurkan susu kental, aduk rata, sisihkan.
Kocok kuning telur, gula halus dan vanili sampai kental dan naik. Masukkan sebagian demi sebagian adonan mentega sambil diaduk rata (vivi: dikocok speed rendah), campurankan tepung terigu, aduk rata dengan spatula. Pasang oven 160 derajat C.
Siapkan loyang ukuran 22x22cm, alasi dengan kertas yang diolesi mentega dan ditaburi tepung. Tuang 3 sdm adonan, ratakan, panggang sampai kecolatan. Keluarkan dari oven, ratakan permukaannya dengan punggung sendok supaya padat. Tuang lagi kurleb 3 sdm adonan di atasnya, panggang hingga kecoklatan dan matang.
Begitu seterusnya sampai adonan habis. Panggang dengan api atas dan kecil saja. Angkat setelah matang, dinginkan.

No comments: