Monday, March 26, 2012

Kue Mangkuk

Hari ini lagi semangat di dapur. Karena semalam dah ngiler liat-liat foto tahu campur, malam itu juga bikin lontong biar paginya tinggal bisa segera menikmati tahu campur. Baru inget paginya klo tahu campur tuh ga pake lontong hehee. Setelah tahu campur beres, mumpung punya cakwe bikinin anak-anak bubur ayam. Jadi makan siang bisa dibayangkan berapa porsi yang disantap....hmm bener-bener balas dendam. Untungnya ga pake nambah daging hasche, uji coba resep bunda Esther.
Pas buka kulkas inget klo punya tape nasi, bikinan beberapa hari yang lalu. Rencananya emang mo dibikin kue mangkuk, tapi maju mundur karena baca resepnya panjang amir. Setelah dibaca satu-satu akhirnya maju aja lah lanjut bikin kue mangkuk. Ternyata ga serumit yang dibayangkan. Aku pikir adonannya musti ditepok-tepok lama dulu, ternyata diaduk bentar juga udah licin. Untuk resep, udah naksir punya mbak Fitri beberapa tahun yang lalu saat masih suka main di multiply, jadi udah ga pake browsing cari-cari lagi. Hasil kukusan pertama........ kuciwa karena kuenya ga mekar. Trus setengah putus asa istirahat dulu sambil browsing ngebandingin dengan resep lainnya. Hasil baca-baca ternyata untuk kue mangkok ini cucingnya TIDAK PERLU diolesi minyak. Untung masih ada sisa adonan cukup untuk satu kukusan (aku bikin setengah resep) dan hasilnya voilaa...... merekah dengan manisnya. Kuenya pun lembut, yeaaaah puasss.


Kue Mangkuk
Sumber: blog mbak Fitri

Ingredients:
- 250 g tape nasi
- 200 g gula pasir
- 100 g tepung terigu
- 150 ml air
- 75 g gula pasir
- 200 g tepung beras
- 200 ml air dingin
- 150 ml air soda
- 1 sdt baking powder
- 1-2 tetes pewarna ijo


Directions:
- Blender tape nasi dengan 200 g gula pasir hingga halus. Sisihkan.
- Campur tepung beras dengan air dingin. Uleni sebentar. Sisihkan.
- Masak air dengan 75 g gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Tuang air gula sedikit demi sedikit kedalam wadah berisi tepung terigu sambil diaduk hingga licin. Sisihkan.
- Campur adonan tape dengan adonan tepung beras. Uleni hingga licin.
- Tuangkan campuran tape kedalam wadah berisi adonan terigu, uleni kembali hingga licin.
- Masukkan baking powder, aduk hingga rata.
- Tuangkan air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang encer. Tambahkan pewarna ijo, aduk rata lalu saring.
- Panaskan cetakan kue mangkok TANPA diolesi minyak kedalam dandang yang airnya sudah mendidih dan beruap banyak.
- Setelah cetakan panas, tuangkan adonan hingga hampir penuh. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin benar, kue mangkok akan lebih mudah dikeluarkan dari cetakan.

No comments: