Thursday, October 1, 2009

KBB#13 (2nd Anniversary): Merah Putih



Gak terasa KBB udah merayakan ulang tahun keduanya. Happy Anniversary KBB! Terima kasih untuk semua ilmu yang udah ditransfer ke para member ^_^

Tantangan sebelumnya sempet absen karena lagi mudik jadi nomaden dan gak siap ama senjata dapurnya. Nah pada ulang tahun KBB ini, tantangannya boleh milih diantara 2 yaitu cake decorating ama food photography. Hwaaa....... gak ahli di dua-duanya tuh. Beginilah nasib punya kemampuan serba tanggung. Tapi komitmen tetap komitmen, musti dicoba walaupun tau pasti kalah...whahaa. Yang penting tetep partisipasi... tak iye?
Karena bikinnya di penghujung bulan *teteup* jadi memanfaatkan apa yang ada di dapur. Fotonya juga kurang puas karena pengennya ditambah pernak pernik, tapi ga punya barang warna merah adanya cuman sikat gigi, jadi ga mu'in kan klo dipajang di foto.

kopyor 3

Es Kopyor Sintetis
Sumber: Femina hidangan lebaran

Bahan:
1 butir (400 g) kelapa, kupas bagian hitam, parut
675 ml air kelapa
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 bungkus (11 g) agar-agar bubuk warna putih
270 ml sirop merah rasa cocopandan
es batu

Cara membuat:
- Buat santan dari campuran kelapa parut dan 375 ml air kelapa.
- Jerang santan bersama gula dan garam hingga mendidih. Masukkan agar-agar. Aduk rata. Didihkan kembali. Angkat.
- Tuang adonan sesendok demi sendok di atas bongkahan es batu hingga adonan membeku di es. Lepaskan perlahan dengan bantuan garpu.

Penyajian: Atur dalam gelas saji: kopyor sintetis, sisa air kelapa, sirop dan es batu. Sajikan.

kopyor 2

Well done euyy...


3 comments:

Ema said...

gleeggghh...segeer vie..., mau donk segelas..., btw potone cakep ach..apalagi ntar kl sdh disupport sm yg entuuh....:)

Vivi said...

Makasih ya mbak Ema udah menghiburku. Abis pingsan kemarin dah maju mundur mo ngirim ini:))
Klo yang entuh mohon doanya biar muncul keajaiban soalnya sampe sekarang masih gelap..hahahha

Sherry Andriani said...

cantik deh vie, seger bgt..:D