Tuesday, May 19, 2009

Kering kentang

Makanan ini bisa jadi lauk, juga bisa jadi cemilan. Pedes manis enak. Bikinnya harus penuh dengan kesabaran dan perjuangan panjang *lebay.com*:). Apalagi buat aku yang ga tahan lama-lama di depan penggorengan dan ngiris kentangnya manual, rasanya lamaa banget bikin lauk ini. Untungnya the krucils suka ngemilin ini, pergi ke playground bawa sekantong kering kentang bentar juga dah abis dimakan bareng ama teman-temannya.
Makasih mbak Lia buat resepnya dan bunda Estherlita buat tipsnya:)

kering kentang


KERING KENTANG
Sumber: Dapur mbak Lia

Bahan:

1 kg kentang tes (timbang udah dikupas)

250 gr kacang tanah kupas

½ butir jeruk nipis, ambil airnya
>> gue kadang2 sampe ¾ butir
150 ml santan yang rada kental
>>kental banget juga bole, pokoke jangan santan encer
100 gr gula pasir

2 sdt garam ato secukupnya

4 lembar daun salam

4 sdm minyak sayur


Bumbu halus:

3 buah cabe merah

5 siung bawang putih

4 cm lengkuas
¼ sdt terasi
(optional)

Cara:
  • Kentang: potong2, iris tipis (pake serutan), cuci 3-4 kali sampe gak keruh lagi, lalu rendam air dingin. Goreng dalam minyak banyak sampe kering kuning keemasan, tiriskan dan angin2kan sampe dingin, masukin toples.
  • Kacang tanah: goreng matang, tiriskan, angin2 sampe dingin, masukin toples.
  • Campur kentang dan kacang goreng, aduk merata, sisihkan.
  • Panasin minyak, tumis bumbu halus dan daun salam sampe wangi dan mulei pekat.
  • Tuangi santan, tambahkan gula, garam dan air jeruk.
  • Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga kental (JANGAN SAMPE BERAMBUT).
  • Matikan api, masukin campuran kentang kacang sekaligus sambil diaduk2 dengan cepat (pake sendok kayu dan spatula) hingga bumbu merata.
  • Tebarkan di nampan plastik, angin2kan hingga dingin, simpen di toples.

  • Tips:
  • Penggunaan santan membuat kering kentang lebih gurih, renyah, lembut dan gak mudah mengkristal.
  • Pemasakan bumbu gula jangan sampe berambut, akan mengakibatkan mudah berkristal dan keras saat disimpan.
  • Biasanya kering kentang pake air asam. Aku lebih suka pake air jeruk, nurut aku menambah efek warna yang cantik. Kalo pake air asam warnanya jadi gelap dan rada suram, selain itu juga gampang basah gak awet renyah.
  • Sebisa mungkin buat kripik kentang tanpa “usaha2” untuk merenyahkan seperti merendam air garam ato dengan kapur sirih. Kripik kentang yang digoreng langsung ini efek renyahnya lembut di mulut sementara kalo direndam air garam mopun air kapur hasilnya renyah yang keras dan tajam/menusuk di mulut.

  • Ini tips biar kentang bisa renyah (diambil dari dapur mba Ine Sena yang aslinya dari bunda Estherlita):
    - Kupas kentangnya cuci bersih.
    - Potong memanjang, kalau tengahnya besar sayat tengahnya agar ketika di iris tipis besarannya kurleb sama.
    - Iris dengan mesin atau serutan kentang.
    Yang manual : Banyak dijual mulai dari yang murah meriah dari kayu sampai yang dijualdi innovation TV. yang mesin ya biasanya attchmentnya FP.
    - Kentang yang sudah diiris rendam air dan setelah semua terpotong, cuci bersih.
    - Hingga airnya bening, lalu tiriskan.
    - Taruh dalam wadah yang besar.
    - Siram air mendidih sampai terendam.
    - Aduk2 rata agar semua kentang rata kena air panas.
    - Tambahkan air mendidih lagi sampai terendam dan biarkan dingin.
    - Tiriskan sebagian secukupnya wajannya
    - Masukkan dalam minyak anget, jangan panas ntar meluap.
    - Aduk rata agar gak ada yang nempel didasar wajan. sesekali diaduk
    - Mulai kering sering2 diaduk, biar rata kuningnya.
    - Nah udah kering angkat.
    - Didarat lebih kuning hasilnya.
    - Dinginkan dan masukkan dalam wadah kedap uadara, tahan berbulan bulan.
    - Kalau mau dibumbu, ya tinggal diberi bumbu apa ajah yang disuka.

    No comments: