Tuesday, April 28, 2009

Bolu Kukus Gula Merah

Ngliat bolkus gulmer ini awalnya di mp Teh Yusy, kayaknya menarik untuk dicoba. Bahannya pun simple gak pake emulsifier. Kebetulan punya gula merah dari Indonesia yang bisa diberdayakan. Bikin setengah resep hasilnya udah lumayan banyak.
Harum gula merahnya hmm... yang tradisional selalu kusuka. Makasih mbak Vivi Liong untuk sharing resepnya.

bolu kukus gula merah

Bolu Kukus Gula Merah

Sumber: Vivi Liong

Bahan:
- Telur ayam 2 butir
- Gula pasir 100 gram
- Soda kue 1 sendok teh
- Baking powder 1/2 sendok teh
- Gula palem 400 gram, rebus dengan 400 ml air hingga gula larut, angkat dan saring
- Tepung terigu protein sedang 500 gram
- Minyak sayur/jagung 250 ml
Isi:
Nangka kupas 5 mata, potong dadu kecil

Cara Membuat:
1. Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga lembut dan mengembang.
2. Masukkan satu persatu, sirup gula merah, lalu tepung terigu dan minyak goreng, sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
3. Tuang sedikit adonan dalam cup kertas yang telah dialasi cetakan bolu kukus, lalu tambahkan nangka dan tuang kembali sisa adonan hingga agak penuh.
4. Kukus dalam kukusan yg telah bergolak airnya, kukus selama 25 – 30 menit hingga kue merekah dan matang, angkat. (selama pengkukusan, jangan dibuka-buka).
5. Sajikan.

Hasil Jadi 25 Buah

4 comments:

Elsye said...

tak conteekk yooo...hihihi keliatan endang...bangetss aku yo suka banget bolkus kayak gini :P

Vivi said...

Silaken mbak Elsye.... emang endang, wangii. Siap2 pasukan buat ngabisin, karena jadinya lumayan banyak:))

michellehoro said...

menarik untuk dicoba!! menggiurkan fotonya..hehe..
mu nanya klo misal ga pake isi bisa?enak ga ?klo diganti enakan pake apa ya?hehe..

uno said...

wah kelihatannnya enak nih, saya mau mencoba buat sendiri di rumah