Saturday, May 30, 2009

KBB#11-Onbitjkoek

Surcin KBB kali ini datang dengan membawa tantangan bikin onbitjkoek. Bahan yang diperlukan simple, bikinnya juga ga begitu ribet. Tapi teteup baru bikin di tengah bulan dan diposting di akhir bulan, mohon maaph ibu host Ventin dan Lia:)
Sebenernya aku penyuka rempah-rempah, tapi klo dibikin cake rasanya masih parno. Sebab dulu pernah bikin cake dengan bumbu spikuk, yang ada gak kemakan tapi malah bikin huek ama baunya, yang akhirnya nasib cake itu berakhir di tempat sampah. Entah salah merk bumbu spekuk atau apa lah. *Lha kok malah curhat*
Nah makanya untuk bikin cake khas Belanda ini aku agak hati-hati daripada nasibnya juga berakhir di tempat sampah. Mbak Rachmah di milis ngasih bocoran klo untuk bikin bumbu rempah ini komposisinya adalah 1 batang kecil kayu manis, 15 cengkih dan setengah bagian pala kecil. Semuanya disangrai, diblender dan diayak. Dari rempah campur itu yang dipakai setengah sendok teh, ternyata bener, pas banget wanginya. Haryuum... Makasih mbak Rachmah.
Karena resepnya gak pake mentega atau minyak, jadi aku tambahin 30 gr mentega atau kurleb 3 sdm mentega leleh yang ditambahkan terakhir. Tak ada kenari almond sliced pun jadi. Untuk suhu pemanggangan aku pake 180 der C. Pas barusan dipotong, cakenya agak kering, ternyata setelah beberapa jam lebih moist. Pas banget dinikmati dengan olesan nutella dan keju.

onbitjkuk

ONBITJKOEK
Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

Bahan :
125g gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

campur rata :
125g tepung terigu,
1 sdt peres kayumanis bubuk,
½ sdtpala bubuk,
¼ sdt cengkih bubuk

taburan :
50g kenari, iris tipis


Cara :
1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang
sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

onbitjkuk



6 comments:

lia-angels said...

makasih ya dah ngerjain tantangannya.
potonya keliatan yummy banget hasilnya.
sukses selalu Vi

lia

Bunda Nadine said...

permisiii ... mau nyicipin ontbijkoek duluu .. :D. sukses yo mbakk :)

rita bellnad said...

bapakne seneng ra nduk ?

Vivi said...

@Lia: makasih bu host Lia, sukses dengan round upnya ya:)
@Mb Yuli: monggo dipun icipi jeng. Tuker es grim duren nggih:)
@Mb Rita: seneng yu, demenane emang kue yang berempah. Tapi yo iku olesane kandel, nutella karo keju parut.

Sofie said...

whuiih.. dioles pake nutela?
enak ya? yang pasti ngga parno lagi doonkk.. :D

Vivi said...

@ Sofie: iya diolesin nutela. Awalnya aku ngliatnya aneh... ternyata rasanya masuk juga:)