Tuesday, October 28, 2008

Lapis Legit

lapis legit slices

Akhirnya kesampaian juga bikin lapis legit. Sebelumnya ada aja alasan untuk mewujudkan keinginan mulia itu *gubraks*, dari alasan a sampai alasan f. Bahkan sampai ada temen yang dengan berbaik hati ngasih kuning telur 0,5 kg, masih aja ngeles dan mo dibikin bika ambon. Tapi setelah dipikir lagi, rasanya saat yang tepat untuk bikin lapis legit secara waktunya bertepatan dengan silaturahmi lebaran, jadi bisa dikonsumsi rame-rame. Iya.. ini dibikin dekat lebaran, tapi postingnya di penghujung Syawal. Harap maklum... moodnya baru muncul.

Resepnya pake resep dari maestro perkuehan Indonesia, Ny. Liem, yang ada di MP-Widya.
Makasih Widya atas sharing resepnya:)
Hasilnya... Alhamdulillah, untuk pemula seperti aku, cukup memuaskan dan bikin aku kegirangan *norak*. Sesuai dengan resep, aku bikinnya tanpa bumbu spekuk. Karena sebelumnya punya pengalaman buruk dengan bumbu spekuk. Padahal untuk masakan sehari-hari, bumbu-bumbu tersebut udah akrab dihidungku.

Ternyata bikinnya gak selama yang aku bayangkan.
Waktu manggang per lapisan dengan api atas sekitar 5 menitan. Kurang lebih total 2jam-an. Disambi sambil bikin yang lain dan ngobrol ama suami yang lagi bikin cuka mpek2. Foto bawah langsung on the spot, di atas talenan yang udah tak putih lagi:) Makasih bu Ishak atas kuning telurnya dan makasih mbah gugel dengan segala inpohnya. Jadi pengen bikin lagi....

Ini copas resep dari MP-Widya:

Lapis Legit
1/2 Resep Ny. Liem

Bahan:

A.
25butir Kuning Telor
150gram Gula Halus
1/2 sdt vanili bubuk

B.
200gram Mentega
150gram Margarine
2sdm Susu Kental Manis

C.
35gram Tepung Terigu
10gram Susu Bubuk

Cara Membuat:

1. Kocok Bahan B sampai lembut & putih. Sisihkan.
2. Ayak bahan C jadi satu, sisihkan.
3. Kocok Bahan A sampai naik & kental. Masukkan bahan B, kocok rata. Masukkan bahan C, aduk rata dengan spatula.
4. Tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti & dioles mentega, aku pake loyang loaf ukuran 24x14x7cm.
5. Oven dengan menggunakan api bawah selama 10 menit dengan suhu 170dC
6. Angkat dari oven, tekan2 permukaan cake dengan alat khusus (aku pake "setrika" untuk ngalusin fondant), kemudian tuangi lagi dengan 1 sendok sayur adonan cake keatas lapisan pertama, ratakan. Panggang dengan api atas selama 10 menit. Lakukan sampai adonan habis, taburi lapisan atas dengan almond iris sebelum dipanggang.
7. Terakhir, panggang dengan api bawah selama 10 menit.

lapis legit

5 comments:

Ema said...

cantik banget vi lapgit nya...duuh jd pengen bikin jg.., ohya enak ya ga pake bumbu spekkuk..?? soalnya aku selama ini bikin sndr dan bapak darrell ga gitu suka...:)

Vivi Rahayu said...

Mungkin aku dapet bumbu spekuknya bukan yang bagus mbak Ema. Mo pake bumbu spekuk yang dari mbak Ema itu, saat itu dicari bumbunya ga ketemu. Nyelip ternyata.
Ada yang bilang enak juga kok diolesi cream cheese dilapisannya, cuman aku belum coba:)

Unknown said...

duh Vi, cantik aja itu si-lapis lagit. jadi kepengen dweh tapi ga berani (baca: males)bikin sendiri.

Vivi Rahayu said...

Aku dulu juga males banget mo bikin ini Mindy, tapi setelah tau nikmatnya bikin kue ini jadi nyandu..hi..hi. *kompor kompor*

Anonymous said...

itu lapisan warna coklatnya apa ga pake bumbu spikuk?? apa di panggang ampe coklat,tar gosong dong?