Friday, November 18, 2011

IDFB2: Kolak biji salak

Indonesia memang kaya dengan keanekaragaman kuliner. Tiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing. Dan buat kami bikin jajanan tradisional bisa jadi obat kangen sekaligus memperkenalkan pada anak-anak makanan tradisional Indonesia. Jadi anak-anak tidak hanya mengenal samosa, tiramisu, hummus, zataar tapi juga gemblong, pukis, cilok, rengginang dll.

Nah posting ini sekaligus ikut meramaikan event yang diadakan Indonesian foodblogger di sini. Semoga jajanan tradisional Indonesia makin populer:)

Lagi punya ubi jalar yang udah semingguan di kulkas. Biasanya cuman aku kukus aja, lumayan buat tambahan serat. Tapi karena lagi bosan ama ubi kukus jadi dibuat kolak biji salak saja.

Dulu si bibi, ART saat di Ind, klo bikin biji salak tinggal aduk ubi jalar kukus dengan tepung tapioka sampe bisa dibentuk. Tapi karena aku dulu pernah bikin bubur candil (masih sodara ama biji salak) dan di rumah ga ada yang mau, jadi pengen cari resep yang aman.

Browsing cari resep biji salak, hatiku berlabuh *jiaahh* di blog mbak Elsye dengan fotonya yang selalu mempesona. Alhamdulillah cocok. Kenyal, manis dan gurih. Anak-anak yang anti sama ubi jalar pun, setelah disulap jadi bubur biji salak jadi ga anti lagi. Makasih mbak Elsye:) Berikut kupipes resep dari mbak Elsye...

Kolak biji salak

KOLAK BIJI SALAK
Sumber : Booklet Majalah Kartini via Lia

Bahan :
500 gr ubi jalar
200 gr tepung kanji
4 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
250 gr gula merah (atau disesuaikan dengan kemanisan yang diinginkan)
2 lembar daun pandan
1 sdt garam

Cara Membuat :
1. Rebus ubi jalar bersama kulitnya, setelah masak kupas dan haluskan
2. Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung kaji kemudian aduk sampai jadi adonan yang mudah dibentuk.
3. Buat bulatan sebesar kelereng
4. Didihkan air dalam panci, masukan bulatan ubi kedalam air yang mendidih, angkat ubi jika sudah mengapung dan sisihkan.
5. Rebus 1/2 gelas santan dan beri garam sedikit.
6. Rebus sisa santan, gula, pandan dan garam. Didihkan kemudian saring dan kentalkan dengan sedikit air kanji.
7. Masukan bulatan-bulatan ubi, kemudian sajikan dengan santan.

3 comments:

Andrie Anne said...

Bagi yah Mba...sedap bgt nih...

Vivi said...

Silakan...buat mbak Anne ambil semangkuk di atas juga ga papa:)) makasih mbak Anne udah mampir..

Kreasi Marie said...

Terimakasih resepnya. Yuuk mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :)