Wednesday, November 24, 2010

Bangket Susu

Tugas KBB yang ke 20 yaitu biskuit tradisional yang bernama bangket. Kue bangket ini adalah kue tradisional khas Riau. Dengan tujuan untuk menduniakan kue bangket, maka secara bersamaan NCC week dan KBB#20 mengangkat tema bangket....yeaaaah! Ayo bangket berbangkit!
Awalnya sekali posting pengen ikut di 2 event tersebut. Tapi ternyata yang NCC udah tutup per 20 November 2010. Jadi telat deh... Sebenarnya aku bikin adonan (sagu campur gula susu dan mentega) udah diawal bulan, tapi karena adonannya yang mawur banget jadi susah nyetaknya alhasil adonan pun teronggok di kulkas:) Rencana mo bikin bangket yang lain terganjal ama persediaan tepung sagu yang tinggal sedikit. Jadi akhirnya diberdayakanlah adonan bangket susu yang udah 2 minggu itu. Lagian sayang, harumnya pandan di tepung sagu rasanya memanggul-manggil untuk minta segera diolah *lebayy.* Dengan tekad bulat dan semangat 45, akhirnya kuberdayakan saja adonan bangket susu. Tambah margarin, tambah SKM (gula halus udah dikurangi), ayak dan cetak. Taraaa.... jadilah bangket susu yang kondang itu. Ternyata rasanya sama dengan jajanan Malang yang namanya garut. Jadi apakah bangket susu=garut? ...entahlah:) Alhamdulillah, bisa jadi obat pengen diperantauan. Secara tiap mudik aku selalu bawa kue ini buat persediaan. Dan sekarang udah bisa bikin sendiri. Makasih mba Nadrah:)

Review: rasa sih udah tidak diragukan lagi secara yang udah nyoba komentarnya kurleb "enak, harum, dan lumer dimulut," cuman emang butuh kesabaran untuk mencetaknya. Untuk setengah resep, waktu mencetaknya satu jam saudara-saudara:)

bangket susu


Bangket Susu

Bahan:
• 500 gr sagu

• 100 gr margarine
• 150 gr gula halus
• 75 gr susu kental manis

Cara membuat:
1. Sagu disangrai dengan daun pandan, dinginkan.
2. Campur semua bahan.
3. Cetak menggunakan cetakan kue satu.
4. Bakar dengan api kecil (140 derajat Celcius) selama lk 10 menit.

5. Angkat kukis tidak pada saat panas. Karena kue ini texturnya rapuh sekali, angkatnya harus dengan kasih sayang, atur di toples, jangan diangkat lagi, kecuali mau dimakan.

No comments: