Wednesday, March 31, 2010

KBB#16: Chiffon Pelangi

Penduduk KBB saat ini sedang ditantang untuk menunjukkan kreatifitasnya dalam per-chiffon cake-an. Aneka ragam chiffon cake ala Indonesia akan ditampilkan oleh para KBB-ers. Klo dari diskusi di milis emang kreasinya mantep2 bahkan ada yang gluten free juga. Mantep tho?!
Nah, aku bikinnya yang paling sederhana yaitu chiffon pelangi. Kenapa? karena ini yang lumayan disukai the krucils, mereka demen karena penampilannya yang warna warni. Ternyata ga sia-sia... sore bikin, pagi udah habis, tinggal yang difoto ini sisanya. Si adek suka makan chiffon cake ini ama es krim.... bablass berpotong2:)
kbb - chiffon

Chiffon Pelangi
Sumber: Primarasa Cake Istimewa

Bahan:
kertas roti
160 g tepung terigu protein rendah, ayak
1 sdt baking powder
1 sdt garam
250 ml putih telur (vivi: pake 7 telur ukuran L)
1/2 sdt cream of tartar (vivi: gak pake)
175 g gula kastor
160 ml kuning telur (vivi: pake 7 telur ukuran L)
1/2 sdt vanili bubuk
100 ml air
75 ml minyak goreng
2-3 tetes pewarna hijau muda
2-3 tetes pewarna merah muda
1 sdt moka/coklat pasta


chiffonpelangi

Cara membuat:
1. Siapkan loyang chiffon diameter 25 cm. Jika ada gunakan loyang berkaki. Alasi dasar loyang dengan kertas roti. Jangan olesi loyang dengan margarin/minyak. Panaskan oven pada suhu 180derajat C. Campur tepung terigu, baking powder dan garam, ayak, sisihkan.
2. Kocok putih telur dan cream of tartar dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan 100g gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat.
3. Campur kuning telur, sisa gula (75g) dan vanili dalam wadah lain. Kocok dengan mikser berkecepatan sedang hingga gula larut dan agak kental (tidak perlu sampai putih). Angkat mikser, tuangi air, aduk perlahan dengan spatula hingga licin dan rata.
4. Masukkan putih telur kocok dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan dengan pengocok kawat/spatula hingga rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama banyak. Ambil 1 bagian adonan, tambahkan pewarna hijau muda, aduk rata. Satu bagian adonan lagi beri pewarna merah muda, sisanya tambahkan moka/coklat pasta.
5. Tuang 1/3 adonan putih ke dalam loyang, di atasnya tuangi 1/3 adonan moka/coklat, di atasnya lagi tuangi 1/3 adonan merah muda, terakhir 1/3 adonan hijau. Demikian seterusnya sampai adonan habis. Hentakkan loyang perlahan ke meja agar udara dalam adonan rata.
6. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga matang (kurleb 60 menit). Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (kurleb 1,5 jam). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula panjang, potong-potong, sajikan.

KBB-Chiffon

2 comments:

Etjo said...

duh canteknyaaaaaaaaa
Salam Kenal mbak !

sherry andriani said...

keren deh mbak pelanginya, cuantikk.....:D