Tuesday, January 27, 2009

KBB#9: Classic Puff Pastry (Pate Feuilletee)


Dari beberapa peer KBB, tugas kali ini yang aku kerjain mepet deadline. Resep baru dibaca di akhir-akhir bulan trus langsung praktek. Rasanya banyak bener yang harus kukerjakan bulan ini, klo pas ada waktu kosong giliran bahannya yang ga ada. Ya sutralah...

Untungnya kekejar juga ngerjain tugas kali ini. Ngubek-ngubek dulu bocorannya di milis.
Syukurlah mbak Emma Isti udah berbagi tips dan triknya. Bingung baca resepnya yang pake cup dan pound, akhirnya aku pake ukuran gram yang kudapat di milis. Entah resep dibawah ini benar atau enggak, cuman yang aku bikin kemarin resepnya begitulah. Resep aslinya, perbandingan tepung (termasuk tepung maizena) dan mentega adalah 1:1. Nah catatanku di bawah ini bukan 1:1, tapi karena selisihnya cuman sedikit jadi gak begitu ngaruh ama hasil akhir. Kaleee....

Catatan di bawah ini sengaja kuposting di sini buat referensiku klo mo bikin lagi. Gak begitu beda ama resep aslinya disini,cuman buatku lebih mudah karena udah dikonversikan ke gram.

Sempet deg deg serr karena emang baru pertama kali bikin puff pustry. Baca resepnya kok panjang amat .... byuuuh tambang ngelu. Untungnya suhu mendukung karena disini lagi musim dingin. Saat manggang, ngintip kaca oven kegirangan karena yuhuuu ngembang euyy. Rasanya juga enyak, apalagi klo fresh from the oven. Krucilku juga suka. Untung cuman bikin setengah resep, klo bikin satu resep bisa-bisa mengancam timbangan badanku untuk senantiasa nambah.
Puff pastry diisi dan dibentuk sesuai selera. Ada yang manis, isi selai, nuttela, atau tabur gula. Dan yang asin diisi sosis, keju dan daging asap.

Croisant... croisant, dulu bikin kamu tuh cuman mimpi sekarang jadi kenyataan. Thanks a lot KBB.... my dream comes true because of you..ha..ha. Ga gabung KBB, ga berani-berani bikin puff pastry. ^_^


Dough

Bahan:
199 gr tepung terigu all purpose
28 gr maizena
28 gr unsalted butter dingin
1 sdt air jeruk lemon
1 sdt garam
110 ml air es

Cara:
1. Tepung, butter dingin dan garam aduk dengan ujung jari sampai berbutir.
2. Tambahkan air dingin dan air jeruk lemon ke dalam tepung. Penambahan air sebaiknya sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket (tidak perlu kalis benar). Bentuk bulat.

3. Istirahatkan adonan dan dinginkan di kulkas kurleb 30 menit.


Photobucket

Butter block
Bahan:
199 gr unsalted butter dingin
28 gr tepung terigu all purpose

Cara:

Aduk semua jadi satu dengan sendok/spatula dan bentuk menjadi kotak. Simpan di kulkas kurleb 30 menit.


Photobucket

Langkah berikutnya aku contek dari sini. Giling, lipat, putar.....masuk kulkas dst

Photobucket

Photobucket

Tips dan trik mbak Emma Isti sekalian aku posting di sini biar gak ilang. Makasih untuk sharing ilmunya per-pastry-annya ya mbak...

Melipat dan menggilas :
1. Sebelum di rolled, dough yang telah didinginkan di keluarkan dulu udaranya. dengan cara di tekan/diuleni sebentar.
2. Rolled dough sesuai dengan ukuran butter block.
3. pastikan konsistensi butterblock cukup elastis sebelum dibungkus dengan dough sehingga mudah di rolled. butterblock keras menyebabkan adonan bocor, butterblock lembek, akan licin saat di gilas dan adonan bisa robek.
4. rolled sesuai petunjuk dan istirahatkan setelah selesai proses rolling dan selesaikan sebanyak turn yang diminta.
5. supaya tidak lupa/ada turn yang terlewatkan, sebaiknya tiap turn ditandai.

Pembentukan dan pemanggangan :
1. gunakan pisau tajam untuk memotong dough dan kondisi dough sebaiknya dingin.
2. panaskan oven 205 (oven gas) kalau pakai api atas bawah, 220 api kalau api bawah saja.
3. panggang 15 menit dengan suhu tinggi, kemudian lanjutkan pemanggangan dengan suhu yang lebih rendah (180 ) derajat hinggak coklat kekuningan.

puff pastry2

puff pastry KBB

Ibu host, mbak Rahmah dan Mae, terima kasih ya buat logo lulusnya:) Selamat lembur bikin round-up...



5 comments:

Elsye said...

waaaa berhasilll Vi..kerennnnn !

Sofie said...

hebat.. hebat..
lapisannya asik banget tuh

Ema said...

mantapp...gembul2 pulak...berhasil dgn baik..
yuk vi bikin lagih..aku barusan jg bikin lagi nih..:)

Vivi said...

Mba Elsye: belum keren bener mbak, karena belum bisa bikin foto bagus kayak mba Elsye:)

Sofie: makasih, aku sendiri awal2nya udah atut duluan klo tantangannya bikin puff pastry. Ternyata setelah dicoba jadi nyandu:))

Mba Ema: udah bikin lagi mbak? emang resep pilihan mbak Arfi ini otreh banget. Diisi tuna kayak mbak Ema pasti tambah endang

rea said...

Uiiiii... cakep bgt deh pastry-nya... lapisannya sangant kentara sekali. Sukses ya Mb Vivi...