Friday, November 28, 2008

KBB#8: Bitter Chocolate Peppermint Biscuits

Tugas dari KBB kali ini adalah biskuit dengan ibu host mbak Ellen . Klo sebelumnya biskuit keju nah yang sekarang biskuit coklat. [Lagi-lagi] aku bikin setengah resep ^_^

Dalam pengerjaannya, seperti biasa untuk kuker dan sejenisnya, mentega dan gula tidak kukocok, hanya diaduk pake spatula. Sedangkan bahannya, dari resep asli yang dikurangi adalah gula kastornya. Nyontek mbak Emma Isti yang udah ngasih bocoran di milis, gulanya cukup 1/2 cup untuk satu resep. Karena aku cuman bikin 1/2 resep jadi gulanya cuman 1/4 cup. Untuk mentega dan tepung plek ikut resep. Ukuran biskuitnya kubikin 5x4cm, jadinya 18 potong. Hasil biskuit dasarnya oke manisnya pun pas, kata suami rasanya mirip monde. Biskuit polosan jadi dan simpan di toples, seminggu kemudian baru bikin icing dan coating *sibuk atau males buk?!*

Rasa peppermint untuk isian biskuit, kubikin dari daun mint yang diremes pake sesendok teh air suhu ruang. Aroma peppermint-nya gak begitu kuat sesuai selera sajah, karena aku ga begitu suka rasa peppermint kecuali buat odol:). Biskuitnya ada yang kubikin lapis 2 dan ada pula yang lapis 3.

Setelah biskuit dimasukkan kulkas selama 2 jam, langsung aku foto, alhasil lapisan coklatnya masih agak lengket....dan fotonya ga ada bagus-bagusnya deh..*ngeles*. Ternyata besoknya aku ambil si biskuit dari kulkas udah kering dan ga lengket lagi. Dinikmati ....kress....


KBB #8 – Bitter Chocolate Peppermint Biscuits


Tingkat kesulitan: Sedang
Porsi: 12 potong

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.

185g butter, softened / 185g mentega, lunakkan (di suhu ruang)
1 cup caster sugar / 1 cup gula kaster
1 egg / 1 btr telur
2 cups plain flour / 2 cups tepung terigu
½ tsp baking powder / ½ sdt baking powder
1 cup icing sugar / 1 cup gula tepung
1 tsp peppermint flavouring / 1 sdt peppermint flavouring
2 Tbs water / 2 Tbs air
200g dark chocolate (70 per cent cocoa) / 200g dark chocolate (70 per cent cocoa)
1 cup cream / 1 cup krim

Photobucket

Preheat the oven to 180C. Place the butter and sugar in the bowl of an electric mixer and beat until light and creamy, add the egg and beat well. Sift the flour and baking powder over the egg mixture and fold through.

Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.

Gently knead the dough to bring together. Roll the dough between two sheets of baking paper to 2mm thick. Refrigerate for 30 minutes. Cut out 36 x 7 x 5cm rectangles. Place on baking trays lined with baking paper and bake for 56 minutes or until golden. Allow to cool on trays.

Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 36 x 7 x 5cm. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 56 menit atau hingga kecoklatan. Biarkan dingin di atas loyang tersebut.

Combine icing sugar, peppermint flavouring and water, and mix until smooth. Set aside. Combine the chocolate and cream in a saucepan over low heat and stir until chocolate is melted and smooth. Set aside.

Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Sandwich three biscuits biscuits together with peppermint icing. Repeat with the remaining ingredients. Lightly grease a wire rack and place over a baking tray. Place the layered biscuits on a fork, dip each one into the chocolate mixture, place on the rack and refrigerate for 2 hours or until set.

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margari/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.

Photobucket

Maaf bu host laporannya mefet dan makasih untuk logo lulusnya:


3 comments:

rita bellnad said...

bisa muluz banget coatingnya, punyaku jelek lek hihihi

Andrie Anne said...

Suksesss...salaam KBB:-)

Vivi said...

Mbak Rita: emang sih coatingnya mulus....tapi didelok tekan monas...hehehe. Lha wong wek ane sampeyan indah kok dibilang jelek.

Mbak Anne: Suksesnya tapi belum 100%, masih banyak yang gak beres mbak...salam KBB!