Wednesday, July 30, 2008

KBB#6: Cheese biscuits

Photobucket

Tantangan dari KBB kali ini adalah cheese biscuits. Oke banget khan pemilihan resep KBB, antara yang manis dan asin seimbang. Kali ini ibu hostnya adalah mbak Regina dan mbak Swi.

Kesan pertama saat baca resepnya, asyik nih daftar bahannya pendek atawa gak banyak macemnya. Ternyata bener, bikinnya juga gak ribet. Mirip kaastengel tapi yang ini dibalut wijen.
Jumlah kejunya hampir 2 kali jumlah tepung, jadi bisa ditebak klo rasanya ngeju banget. Sayang keju yang aku pakai adalah edam mature, jadi rasanya juga gak jauh ama rasa kaastengel. Mungkin bila pake keju tua lainnya tekstur dan rasanya berbeda.
Sebagai gantinya cayenne pepper, aku pake cabe bubuk, kan pemakaiannya cuman seiprit, ya tho...
Untuk pemanggangan, suhunya kupasang 150degC dan waktunya ditambah kurleb 10 menit.
Awalnya adonan aku bentuk mirip onde-onde, cuman khawatir gak bisa meleber saat pemanggangan jadi bulatan tersebut agak dipipihkan sedikit. Dan ternyata benar, biscuit ini
hanya mengembang sedikit dari sebelumnya. Biar gak polosan, atasnya kukasih kacang pistachio atau almond. Untuk tekstur, mirip kaastengel, sampe beberapa hari juga masih renyah.

Cheese biscuits
Sumber: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.

225g keju tua parut
125g mentega
125g tepung terigu
cayenne pepper
biji wijen

Photobucket

Campur keju, mentega, tepung dan cayenne pepper bersama (remas) menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan adonan menyatu membentuk gumpalan. Siapkan loyang biskuit yang diolesi mentega. Bulatkan adonan kecil-kecil. Gulingkan beberapa bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang. (Kami—maksudnya tim dapurnya buku ini-- menaburkan walnut ke atas biskuit dan ditekan-tekan sedikit ke atas biskuit, dan untuk penambahan warna yang kontras, kami juga menambahkan pistachio cincang).

Photobucket

Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit. Simpan di dalam wadah kedap udara.

Photobucket

Laporan selesai, jadi bisa pasang gambar cantik dibawah ini deh.... ^_^

Photobucket

15 comments:

Vin said...

biskuitnya bagus vi, tebel jadi mirip onde ya..

Vivi said...

Iya nih mbak Vin, melebernya cuman dikit:) Jadi onde rasa keju deh...

Bunda Nadine said...

nahh ini juga cantik cisbiskuit-nya :) ... hooh, kata anakku juga kyk onde2 kalo yg berbalut wijen :)

Vivi said...

makasih mbak Yuli. Kayaknya sih emang lebih oke klo wijennya malu-malu aja alias ditabur dikit dan gak sampe berguling-guling di wijen dulu:)

rita bellnad said...

kok punyamu gak mleber *ngiri mode*
punyaku mleber banget padahal kejunya gak pakek seluruh resep.

fotone ayu-ayu,tambah maknyus motone

Vivi said...

justru aku pengennya mleber jeng, ben pas dimakan bunyi "kriux".
Klo foto, siapa dulu gurunya..he..he. Iki juga sik ngisin2i gurune:)

Elsye said...

tooozz vi biscuitnya ga melebar aku juga ga melebar malah aku lebarin sekalian wakakakkaka...

cantikkk biskuitmu kecil2 and rapiihh jali seperti biasa :D

Vivi said...

Iya..ya, mustinya punyaku juga dilebarin sekalian. Makasih mbak:)

Ema said...

ohooii cantikkk biskuits nya, punyaku sampe hari ini..masih ada vi.., pdhl orang rumah doyan keju tp kali ini bikinanku ga gitu laku ihiks...

Vivi said...

hai mbak Ema!! Blognya owkey bangets.
Idem mbak Ema, padahal aku bikin setengah resep sampe sekarang juga masih ada :(

Cherry said...

Mbak, Kaya'nya enak banget. bentuknya perfect. Jadi pengen nyomot..

Zita said...

Lam kenal,

wah apik, koq bisa yah bulet en tebel begitu :)

Vivi said...

Nurie: makasih *ngulurin cheese biscuits*
Zita: Lam kenal juga, tapi aku masih penasaran biar bisa tipis gak tebel gitu:)

Sofie said...

meskipun telat gpp yaaa..

cizbiskuitnya menggiurkan deh, meskipun kayak onde tetep aja pengen nyomot.. hehe.. fotonya juga asik tuh :D

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!