Friday, May 30, 2014

KBB#40: Shepherd's Pie

Rada lega juga pas baca surcin tantangannya bikin shepherd's pie, pertama karena emang ga pernah bikin. Sebelumnya yang pernah bikin model pastel tutup dengan isian ayam. Yang bikin lega berikutnya karena tugasnya masak dan ga butuh waktu terlalu lama...siip. Tapi teteeup, pengerjaannya semingguan sebelum deadline dan bikin laporan pas last minutes, maafkeun saya ya bu host mbak Widya dan mbak Ambar:)
 
Pada tantangan KBB kali ini, untuk mashed potatonya saya bikin satu resep tetapi untuk filling-nya hanya setengah resep karena memang kurang suka ama daging domba apalagi dicincang. Filling dibikin sesuai dengan bahan yang ada di rumah. Alhamdulillah anak-anak lumayan suka, apalagi mashed potatonya... nyuuss. Berikutnya jadi penasaran bikin gravy seperti yang di rumah makan fast food itu karena tiap ke sana pesanan anak-anak selalu mashed potato & gravy. Klo ga nyobain resep KBB ini ga tergerak juga buat mashed potato sendiri, padahal ga ribet... Makasiiih KBB:)
 
 

Shepherd's Pie
Sumber:
The Cooking Book  - DK
Bahan:
750 gr    daging domba, cincang/potong kecil
2 sdm    minyak
1 bh       bawang bombay besar, potong
1 siung  bawang putih, geprek
2 bh       wortel, potong dadu
90 ml     dry red wine (vivi: ga pake)
2 sdm    tepung terigu
250 ml   kaldu domba
1 sdm    Worcestershire sauce
2 sdm    flat-leaf parsley, potong
1 sdm    rosemary, potong
garam
black pepper, freshly ground
Bahan mashed potato & leek:
900 gr    floury potato, mis: King Edward, kupas
2 bh       leek ukuran besar, belah dua, iris
60 gr      butter
150 mL  susu, hangatkan
 
Cara:
1. Membuat mashed potato & leek:
Potong kentang, masukkan ke panci. Isi air hingga terendam, didihkan. Didihkan selama 12 menit, masukkan leek, masak kembali selama 5 menit atau hingga kentang matang, tiriskan.
2. Hancurkan/lembutkan kentang dan leek. Masak kembali dengan api kecil. Masukkan butter dan susu, beri garam dan black pepper. Panaskan oven hingga 200oC.
3. Membuat filling:
Jika menggunakan daging cincang, tumis dengan api sedang-panas selama 5 menit hingga agak kecoklatan. Buang lemak yang meleleh, sisihkan daging.
4. Menggunakan wajan yang sama, panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih selama 3-5 menit atau hingga lunak, kemudian tambahkan wortel. Masukkan daging yang ditumis atau daging potong. Aduk rata.
5. Tambahkan wine, naikkan panas  dan masak selama 2-3 menit. Masukkan tepung jika wine sudah menguap. Masukkan kaldu, Worcestershire sauce, parsley, rosemary, garam, black pepper. Masak hingga mendidih, kecilkan api dan masak selama 5 menit.
6. Pindahkan filling ke pinggan tahan panas (ovenproof dish) dan tutupi dengan mashed potato. Letakkan pinggan di loyang, panggang selama 30 menit.


No comments: